Sabtu, 20 April 2013

MARAH Jadi KREATIF

Bicara soal marah, kesel en sebel, jadi terbayang beberapa puluh tahun lalu, ketika masih aktif di almamater lama, salah satu perusahaan IT terbesar di Indonesia.
Sebagai seorang karyawan yang berada di tim kreatif sebagai marketing ( kalo kata pimpinan, sebagai think thank / helicopter viewnya suatu perusahaan ) kadang mengalami hal yang tidak mengenakkan.
Kita berkutat pada masalah strategi bagaimana produk yang dijual oleh teman2 sales nanti akan laris manis di pasaran.
Targetnya adalah produk ini dibeli oleh pelanggan, mereka puas dan akan repeat order.
Pada prakteknya setelah produk tersebut laku maka biasanya yang akan 'dapat nama' adalah hanya rekan sales karena mereka telah berhasil menjual produk tersebut, biasanya reward yang didapat dengan imbalan komisi & dikirim 'jalan2' keluar kota atau luar negeri untuk mengikuti seminar dan pameran.
Sementara 'think thank' nya sebagai tim kreatif hanya bisa gigit jari cuma dengan ucapan ' yah itu memang tugas marketing, agar membuat produk itu dikenal masyarakat ', that's all, ini hal yang umum di suatu perusahaan bahwa seorang sales itu menjadi 'anak emas' ketimbang bagian lain.

Berangkat dari rasa marah karena diperlakukan tidak adil, maka bersama dengan beberapa rekan senasib, kami merancang suatu ide untuk membuat produk baru yang diberi nama 'Edutainment' sebuah konsep pelatihan yang dipadukan dengan unsur entertainment, dimana pelatihan ini diadakan didaerah2 wisata diseluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Animo peserta sangat besar, karena selain ada unsur belajarnya, pengenalan daerah2 wisata juga ada unsur funnya, mereka bisa refreshing dari rutinitas pekerjaannya sehari-hari bahkan banyak dari peserta yang ngasih ide tentang materi pelatihan dan lokasi tempat diadakannya. Kebetulan yang dipercaya untuk melaksanakan program ini adalah kami tim marketing, mulai dari mendesain acara, menjual serta pelaksanaan pelatihannya.

Hikmah yang bisa diambil adalah karena kita marah, jengkel, kesel, sebel, ngiri dengan rekan2 sales yang disebut 'anak emas' tadi. kita bisa jadi kreatif membuat ide baru bahkan bisa ikutan jalan2 sebagai EO-nya, selain itu bisa menyumbangkan pendapatan bagi perusahaan.
Jadi kalo kita marah pada suatu kondisi atau keadaan, ayo putar otak, be creatif, cari akal dan berpikir positif, Insya Allah bakal ada hasil yang memuaskan bagi diri kita sendiri, perusahaan atau orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar